Tuesday, July 26, 2011

Bosmobil.com - Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang digelar pada tanggal 22-31 Juli 2011 di JIExpo Kemayoran, masing-masing ATPM berlomba memamerkan mobil untuk masa depan, seperti terlihat pada booth Toyota yang memajangkan Toyota 1/X yang merupakan hasil pengembangan dari Toyota Prius. Mobil yang diperkenalkan pertama kali di Tokyo Motor Show 2007 ini dibuat dengan pertimbangan konservasi lingkungan. Mobil konsep hybrid berukuran kompak ini merupakan komitmen Toyota untuk mengembangkan mobil di masa yang akan datang.

Toyota 1/X
Disebut 1/X karena dari masing-masing sektor merupakan sepersekian dari mobil lain di kelasnya yang memiliki desain aerodinamis, dan sangat ringan. Bahan yang dipakai untuk bodi yang berbentuk aerodinamis adalah material plastik yang diperkuat dengan serat karbon (carbon fiber reinforced plastic /CFRP) yang kuat dan ringan untuk kerangkanya dengan total berat kosong 420 kg yang artinya hanya sepertiga dari Toyota Prius. Sedagkan untuk atap dibuat dari bio-plastik yang merupakan material ramah lingkungan yang mempunyai keunggulan seperti emisi karbon lebih sedikit, memperbaiki sifat penahan panas, menambah jumlah cahaya yang masuk, dan lebih senyap. Kemudian pada bagian depan, Toyota menggunakan lampu didominasi sisem LED yang membantu mengurangi silau untuk keselamatan pejalan kaki dan arus lalu lintas dari arah berlawanan. Sementara roda yang dipakai Toyota 1/X menggunakan ban lebih tipis dan lebih kecil yang alurnya dirancang agar saat melewati genangan air, cipratan tidak mengarah ke pejalan kaki.
Desain kabin yang unik menghasilkan pilar lebih kecil. Hasilnya, Penumpang dimanjakan dengan visibilitas lebih baik, suasana lebih terbuka, lebih terang dan bercahaya sekaligus tetap menjaga ruang interior setara Toyota Prius. Selain itu terdapat empat kursi sangat ringan yang terbuat dari bahan serat polyester, yang dirajut tiga dimensi untuk menambah kenyamanan. Material ini berfungsi sebagai peredam atau per yang menciptakan kesan seperti bantal pada kursi tradisional dengan berat yang sepersekiannya saja atau sangat ringan.
Toyota 1/X
Toyota 1/X menggunakan mesin hybrid yang mengkombinasikan teknologi rechargeable plug-in hybrid dengan mesin 500cc flex-fuel. Hybrid plug-in dirancang memakai baterai lithium-ion yang bisa di-recharge di rumah. Dengan kombinasi mesin tersebut yang berbobot seperempat dari mesin Toyota Prius memungkinkan konsumsi bensin mencapai 960 km dengan kondisi bensin 15 liter, dan mampu berakselerasi setara dengan Toyota Prius.

0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com