Saturday, July 23, 2011



The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) diresmikan hari ini (24/07) oleh Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, MS Hidayat dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Freddy Numberi di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Kehadiran para pejabat pemerintah yang departemennya berhubungan erat dengan industri otomotif ini menegaskan dukungan pemerintah terhadap industri otomotif Indonesia yang terus berkembang di tiap tahunnya.

Hatta Rajasa memberikan gambaran terhadap perekonomian global yang masih stagnan bahkan menurun di negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, beberapa negara Eropa, dan China. “Kondisi global tersebut merupakan tantangan bagi Indonesia. Kita cukup optimis melihat pertumbuhan di negara kita. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2010 mencapai 6,1%, dan tahun ini diprediksikan bisa meningkat di angka 6,4%.

Pendapatan rakyat sudah mencapai US$3.500 per kapita. Walaupun impor kita naik, namun impor barang modal yang meningkat. Artinya hal ini dapat mendukung peningkatan produktivitas. Secara umum, neraca perdagangan kita positif atau surplus. Yang membanggakan lagi, cadangan devisa kita mencapai US$ 120 miliar. Ini merupakan cadangan devisa terbesar sepanjang sejarah Republik ini,” kata Hatta Rajasa.
Selain itu meningkatnya perekonomian di Indonesia juga turut ditunjukan dengan adanya peningkatan para partisipan yang mengikuti pameran terbesar otomotif ini, terhitung 32 brand APM dan 227 industri pendukung otomotif ikut ambil bagian dalam pameran tahun ini, Jumlah ini meningkat dibanding peserta tahun lalu yang hanya mencapai 22 APM dan 181 industri pendukung.
Dengan menyokong tema “Sustainable Green Technology” yang berupaya mendorong industri otomotif untuk terus mengembangkan kendaraan bermotor yang tidak menggunakan energi yang menguras sumber daya alam dan terus berusaha mencari sumber-sumber lain untuk menghasilkan kendaraan yang tetap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemakainya.

Selain terjadi sinergi yang baik antar Pemerintah dan Pengusahan di dunia otomotif juga terjadi kesimbangan pembangunan dengan tetap menjaga lingkungan hidup, karena biar bagaimana pun lingkungan sekitar kita merupakan suatu bagian penting dalam pembangunan yang harus turut di perhatikan.

0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com