Sunday, June 26, 2011

 Hyundai i20 CRDi MT

Tampilan mobil berjenis citycar ini sekilas memang sama dengan saudaranya Hyundai New i20, namun artian mendalam ada pada tulisan CRDi, yang memiliki kepanjangan Common Rail Direct injection yang mengartikan bahwa varian tertinggi di keluarga i20 ini telah mengusung mesin berteknologi diesel dengan kapasitas 1.4L plus turbocharger.
Kehadiran Hyundai i20 CRDi memang cukup sensasional, walau sebelumnya teknologi mesin pelahap solar ini telah dihadiri oleh Ford Focus TDCi namun untuk disegmen menengah rupanya Hyundai lumayan banyak mencuri perhatian para pecinta diesel, pasalnya i20 CRDi tak hanya terkenal dengan keiritannya namun juga dengan performa mesin dan tarikannya yang cukup bertenaga. Terlebih dengan tampang barunya yang jauh lebih modis dan stylish, sungguh pilihan yang bijak bagi para pengendaraan yang ingin memiliki sebuah citycar lengkap dalam satu paket, baik segi tampilan, efisiensi dan juga performa bukan …
Untuk mengetahui lebih lanjut, kita coba simak review ringannya di bawah ini.
Eksterior
Dari segi desain, seperti yang telah disinggung sebelumnya, model sporty yang cukup menjadi modal awal daya tariknya memang mengundang decak kagum tersendiri. Mungil, kompak dan juga dinamis menjadi paduan keseluruhan tampangnya mulai dari bagian depan, samping hingga belakangnya.
Layaknya dua paduan menjadi satu, elegan dan sporty cukup terlihat dari desain depannya. Tampilan gril yang dinamis kemudian di tunjang dengan model bumper yang sporty hingga ke bagian samping dan belakangnya menjadikan i20 CRDi ini suatu pilihan yang menarik. Terlebih dengan adanya new rear roof spoiler.
Bentuk membulat ala hatchback di padu dengan model stop lamp yang mengikuti lekuk bodi cukup mendongkrak tampang manisnya. Yang disertai dengan emblem i20 dan status CRDi-nya.
Interior
Puas dengan pembahasan ringan bagian eksterior, giliran masuk ke sektor kabin. Saat membuka pintu mata anda akan tertuju pada grafis jahitan pada lapisan jok mulai dari bagian depan hingga ke belakangnya. Ruas depan dengan tampilan dashboard yang cukup aergonomis juga tertata dengan rapih. Antara jok dan dan bagian dashbord terdapat ruang yang terbilang cukup lapang untuk seukuran mobil mungil seperti ini sehingga memberikan kemudahan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.
Panel AC yang menyatu dengan perangkat audio cukup memberikan pemandangan kontras. Beragam keunggulan fitur seperti CD dan AUX in juga tersedia sebagai sarana entertainment pengendara dan penumpangnya selama menikmati perjalanan. Di bagian setir,sisi aergonimis terlihat dengan beberapa panel pengontrol fitur audio sehingga pengemudi tak perlu repot menjulurkan tangan untuk mengecilkan volume, mencari gelombang radio atau bahkan menganti trek lagu yang sedang di putar. Desain panel spidometer sengaja dirancang dengan tampilan yang simple agar tak membinggungkan pengendara.
Panel indikator pengotrol kaca spion juga telah lengkap menghiasi di bagian kanan pintu driver yang tentunya hal ini lagi-lagi menunjukan sisi ergonomisnya. Sedangkan cup holder juga terdapat pada bagian tengah konsule, sejajar dengan tuas transmisinya.
Bicara mengenai transmisinya, Hyundai i20 CRDi ternyata menerapkan sistem transmisi manual ala kendaraan Eropa. Jadi anda jangan kaget bila saat anda mengendarain dan tiba-tiba ingin parkir ke belakang, tak ada tuas R yang mengarah kebelakang, namun justru ke kiri dan dimajukan ke depan dengan menekan tombol yang terdapat pada gagang perseneling.
Under The Hood & Performance
Desain tubuh mungil rupanya tak membuat Hyundai i20 CRDi ini juga mungil dalam urusan performa. Dibalik bonet terdapat mesin diesel turbocharger dengan kapasitas 1.4L yang cukup bertenaga, bahkan konon mobil yang juga termasuk dalam mini hatchback ini merupakan mobil bermesin diesel yang paling bertenaga di kelasnya. Torsi besar dari mesin diesel i20 CDRi hadir melalui perpaduan teknologi commonrail dan turbocharger yang membuat performa i20 CRDi cukup dasyat, terlebih pada putaran bawahnya. Akselerasi yang dikeluarkan di tiap perpindahan transmisi manual 5 percepatannya serasa cukup ringan tanpa adanya beban seperti layaknya kendaraan bermesin diesel lainya.
Saat bermanuver di jalan bebas hambatan dengan kecepatan yang lumayan, mobil cukup stabil tanpa adanya efek limbung, paduan supensi dan kaki-kaki pelek yang cukup rigit untuk menapak aspal, melibas medan dengan porsi tenaga besarpun seakan tak bermasalah bahkan cukup lincah. Satu hal lagi yang perlu diacungi jempol, walaupun mesinnya memiliki tenaga cukup besar namun ternyata tak mempengaruhi faktor efesiensinya. Konsumsi dalam melahap solar pun terbilang cukup irit, saat tim Bosmobil menjajal di dalam kota mendaptkan angka 1:17.
Lagi-lagi dibuktikan, tampang mini tak membuat urusan bagasi pun menjadi ikutan mini juga, coba saja tengok tempat penyimpanan barang dibagian belakangnya, cukup untuk menampung beberapa barang bukan. Bahkan, ban cadangan serta beberapa tools darurat telah terisi di bawahnya.
Price
Bicara mengenai harga, Hyundai i20 dibandrol dengan harga yang cukup mengiurkan untuk seukuran mobil mini hatchback dengan mengusung performa hebat dan desain modern yang sporti. Pihak Hyundai membandrol varian i20 CRDi ini di kisaran Rp 197.750.000 on the road. Hmmm…pilihan yang cukup menggiurkan bukan …. Bagaimana menurut anda, tertarik …
Sumber -------> klik disini

0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com