Monday, June 27, 2011

Antisipasi “si maling” di Lokasi Parkir

Menjelang musim liburan mungkin ada baiknya Anda juga memperhatikan segi keamanan dari kendaraan Anda, tak maukan apabila sedang asyik berlibur namun tiba-tiba kendaraan anda raib di gondol si tangan panjang alias maling ketika berada di parkiran.  Setiap tahun musim liburan, terjadi peningkatan pencurian mobil hal ini terbukti dengan jumlah pengaduan yang meningkat saat liburan ini.
Mungkin karena kebiasan yang kurang hati-hati, atau karena semangat liburan hingga melupakan hala-hal yang berharga di sekitar kita yang mungkin saja sudah diperhatikan oleh pencuri. Apapun alasannya, mobil dan rumah adalah target utama dalam musim liburan bagi pencuri, ini merupakan cara yang efisien karena orang-orang lengah akan hal ini.

Tentu saja ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mobil Anda dari pencurian. Kita tidak berbicara di sini dan menyarankan mobil anda menggunakan  perangkat anti-pencurian rumit, tapi tentang menerapkan beberapa pola perilaku dasar yang akan membantu anda dalam masalah pencurian mobil.

Saat ini mobil modern sudah hampir semuanya di lengkapi dengan perangkat alarm yang canggih. Terlepas dari perangkat canggih itu tidak menjamin mobil Anda aman sepenuhnya ini akan memberikan si pemilik mobil rasa aman palsu. Perlu di ingat bahwa sistem keamanan yang dipasang ke mobil adalah buatan manusia dan sebagai manusia pasti ada akal untuk melawan anti alarm tersebut. Alarm mobil dapat dinonaktifkan, komputer mobil bisa tertipu untuk menerima kunci lain dari yang asli dan perangkat lunak keamanan dapat hacked.

Pada dasarnya, tidak ada alarm canggih yang 100% aman. Ingatlah bahwa pencuri tidak selalu mencuri mobil anda namun mereka akan membobol isi nya saja seperti tas yang disimpan di jok belakang anda.

Nah untuk itu mengantisipasi hal itu, ada beberapa tips akal yang umum yang dapat menyebabkan pencuri nya pun akan berfikir dua kali saat akan mencuri…

Memilih lokasi parkir - Hindari parkir mobil di tempat di mana ada sedikit aktifitas lalu lintas ( sepi ) dan gelap kuarang cahaya .Namun bukan  Pilih  di wilayah padat penduduk,namun di tempat parkir yang sudah di sediakan  bila perlu anda mengelilingi tempat parkir dan lihat sekitar lingkungan apakah sudah aman sebelum anda merasa aman untuk parker atau ada hal-hal yang mencurigakan seperti tidak adanya pos penjagaan, bila terjadi demikian disarankan anda untuk mencari tempat parkir yang lain dan lebih aman.

Keluar mobil - pastikan bahwa Anda hanya sekali meninggalkan mobil hindari bolak balik keluar masuk mobil, Cukup sekali mengambil semua barang berharga Anda. Jangan biarkan dompet atau tas berbaring di kursi kanan atau di belakang. Hindari menempatkan benda , yang mungkin mirip tas kantor / laptop  di dalam mobil yang dapat menarik perhatian , dan meninggalkannya tanpa pengawasan. Setelah Anda keluar dari mobil, pastikan Anda telah mengambil kunci Anda keluar dari mobil.

Mengunci mobil - penguncian mobil terkadang suka dianggap sepele oleh kita perlu di perhatikan untuk benar-benar mengunci dan mengecek kembali keadaan mobil anda kalau sudah benar-benar terkunci,. Jangan meninggalkan mobil dibuka dan ingat untuk menutup jendela dan menutup sunroof, jika ada. Pastikan bagasi juga ditutup. Jika mobil memiliki sistem alarm, di cek apakah bekerja dengan baik sebelum benar-bener pergi dari mobil anda.



Menghindari penguntit - penguntit Mobil adalah jenis khusus pencuri mobil. Mereka bisa menikuti selama sehari penuh, mencoba untuk menemukan momen yang tepat untuk mencuri. Metode lain pencurian dari penguntit mobil ini yang sekarang sedang mewabah di masyarakat luas adalah dengan berpura-pura menolong kita saat ban mobil kempes padahal komplotan tersebut yang telah menabur paku beberapa meter sebelumnya. Jadi Anda perlu waspada bila ada sesorang yang akan menawarkan bantuan, nantinya Anda akan dibuat sibuk sehingga tidak sadar barang kesayangan Anda sudah berpindah tangan. Jadi bila terjadi pada Anda usahakan tetap melaju dengan pelan dan carilah pos polisi terdekat atau yang sekiranya menurut Anda aman.Namun bila sudah terjadi atau barang-barang anda sudah hilang janganlah panik segerelah melapor ke petugas berwajib dan jangan merusak TKP ( Tempat Kejadian Perkara ), mungkin saja ini dapat membantu menemukan sidik jari si pelaku.

Demikianlah tips untuk mencegah pencurian mobil saat Anda liburan atau bertamasya bersama keluarga, sekali lagi yang perlu di ingat dalah tetap waspada untuk berjaga-jaga.

Sumber -------> klik disini

0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com