Wednesday, August 3, 2011

Bisa dibilang Pontiac Deluxe Six ini adalah mobil klasik paling eksotis yang pernah ada, apalagi bodinya tembus pandang. Kaca jendela gelap mungkin sudah tidak berguna lagi.

Pontiac Deluxe Six 1939
Mobil klasik transparan ini pertama kali dipamerkan di New York’s fair, yang kemudian dipamerkan di Smithsonian Institution. Mobil ini laku saat pelelangan yang diadakan RM Auctions’ St. John di Michigan dengan harga fantastis senilai $308,000. Mobil ini dibangun oleh General Motors (GM) sebagai salah satu dari tiga unit mobil concept untuk pameran otomotif dunia tahun 1939 dan 1940. Biaya produksi saat itu meningkat drastis hingga $25,000. Sejarahnya, mobil bodi berbahan plexiglass itu dibangun di Amerika, selebihnya tidak diketahui.

“Mobil ini adalah satu-satunya yang masih bertahan dan kondisinya pun masih full orisinil,” jelas Alan Squindo, seorang pakar mobil dari RM Auctions yang mengadakan pelelangan ini untuk Pontiac Deluxe di Plymouth, Michigan.
Pontiac Deluxe Six 1939
Sejak tahun 1980, mobil eksotis ini belum pernah berpindah tangan lagi dan hanya menempuh jarak sejauh 160 km sejak pertama kali diproduksi. “Pemiliknya tidak tega untuk menjualnya,” kutip Alan Squindo dari sumber yang tak ingin disebut. Mobil ini kemudian direstorasi oleh GM bersama dengan Rohm & Hass, sebuah perusahaan kimia yang membuat bahan plexiglass.


0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com