Wednesday, August 3, 2011

Suguhan menarik ketika sesi foto dengan mobil Toyota Yaris S Limited 2006 milik Suryadi Susanto memang sangat berbeda, karena ditemani model cantik bernama Sarah yang diboyong khusus untuk menemani mobil-mobil modifikasi sound system dari Team Pioneer ketika acara pemotretan di Ancol.

Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Tak kalah menggoda dengan lekuk tubuh sang model, Yaris dengan bodi bercorak Team Pioneer juga menjadi daya tarik sendiri untuk diamati dari segi sound system. Seringnya mobil hasil tuner Dynamics Auto Sound tampil menjadi juara pada  kontes sound quality alias SQ kelas 15 juta membuat penasaran untuk di kulik lebih jauh lagi.
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Tanpa basa-basi kita coba untuk membahas rahasia sang pemilik Yaris sekaligus tuner dalam meracik mobil jawara ini. Namanya juga mobil dengan spek SQ, posisi suara staging, imaging, dan lainnya menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi. Apalagi bagian headunit, pastinya memakai yang sudah terbukti. Di sektor perangkat pengolahan sentral  Suryadi mengunakan headunit  Alpine CDA 9887 yang terbenam didepan dashboard. Headunit ini tergolong lengkap dalam fitur-fitur yang dimiliki.
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Untuk pengeras suaranya, Suryadi menggunakan speaker Crescendo Opus 7. Speaker berjenis 3-way ini dipilihi lantaran meiliki suara bass yang tebal dan rendah, sehingga menghasilkan gema pada suara rendahnya. Demikian juga pada suara high pada Opus 7 yang tidak menyerang telinga sehingga lembut untuk didengar. Speaker tersebut rapih terpasang di pilar A dan doortrim. Untuk menghasilkan efek suara rendah, Suryadi memakai subwoofer Crescendo Etude 2.10 yang diletakan apik dibagasi belakang. Subwoofer ini dipilih karena terkenal dengan menghasilkan bass yang deep dan tight.
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Dari semua pengeras suara yang didominasi Crescendo, Suryadi men-drive nya dengan memakai power amplifier dari Genesis Profile 5.  Power ini adalah kombinasi yang bagus agar dapat menghasilkan suara yang lebih sempurna. Sementara untuk menyalurkan arus agar lebih optimal pria berkacamata ini memilih menggunakan kabel Speaker Harmonic Harmony dan kabel RCA Interlude.

Bila semua aspek suara sudah terpenuhi dengan baik, faktor keheningan kabin menjadi hal penting untuk sebuah mobil SQ guna meredam suara bising diluar, meredam getaran mobil saat dihidupkan serta membuat mobil lebih rigid seolah-olah seperti ruangan di rumah. Untuk itu Suryadi melapisi Yaris kesanyangannya dengan peredam dari Checkmat dan Crescendo.
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Puas dengan mengulik perangkat apa saja yang digunakan Suryadi untuk yarisnya, sekarang giliran melakukan tes dengar.

Tester Sound

Pengujian pertama adalah sektor sound-stage atau tata panggung dari sistem audio Yaris ini, yang terdiri dari tinggi, lebar, dan kedalaman. Keunggulan dari mobil ini terletak pada lebar panggung-nya yang mampu menyajikan suara hingga tepat ujung-ujung pilar kiri dan kanan. Kelihaian Suryadi selaku punggawa workshop Dynamics Auto Sound pun tercermin dari placing dan angling pilar tweeter dan midrange-nya, sehingga lebar panggung optimal lebih mudah tercapai. Sedangkan untuk tinggi dan kedalaman panggung, Yaris ini cukup baik walau tidak se-istimewa lebar-nya.

Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto SoundTahap selanjutnya adalah pengujian imaging (fokus), yang meliputi tiap-tiap titik/posisi suara, mulai dari left, left-center, center, right-center, hingga right. Secara overall untuk imaging, Yaris ini pantaslah merebut juara 1 kontes SQ ABT (Autoblackthrough) di Bandung baru-baru ini. Bagaimana tidak, tim BosMobil tidak menemukan celah gejala sedikitpun pada point imaging ini. Fokus suara pada tiap-tiap titik sangat nyata dan porsi “image-size” juga pas. Hal ini tentunya banyak dipengaruhi oleh kematangan Suryadi selaku pemain lama car audio, karena men-setting suara menjadi fokus merupakan pekerjaan yang cukup sulit.

Kelar dengan dua hal terkait teknikal, sekarang giliran pengujian tonal atau kualitas suara itu sendiri. Kesan pertama saat mulai mendengarkan lagu, tim BosMobil salut dengan suara bass mobil ini, yaitu deep, tight, juga extend-nya bagus. Meskipun artikulasi bass terkesan biasa saja, namun secara overall point bass lah yang paling berkesan. Sedangkan untuk midrange dan tweeter-nya, lagi-lagi Suryadi sungguh piawai. Tidak ada yang dipaksakan, semuanya “serba cukup”. Artinya, midrange dan tweeter sangat pas sajiannya atau istilahnya “ngeblend”, seakan menjadi satu-kesatuan. Dengan demikian, keharmonisan antar frekuensi menjadi berimbang, inilah yang sering disebut sebagai spectral balance.
Toyota Yaris S Limited - Dynamics Auto Sound
Dari sini membuktikan bahwa untuk mendapatkan kualitas SQ yang mumpuni, tidak selalu ditentukan oleh faktor komponen barang mahal, namun dengan fine tuning yang maksimal, kualitas SQ pun akan tercapai. Dengan budget 15 juta, Yaris karya Dynamic Autosound ini mampu menghasilkan yang terbaik.

Data Modifikasi : 
Headunit : Alpine CDA 9887, Speaker : Crescendo Opus 7 3-Way, Subwoofer : Crescendo Etude 2.10, Power : Genesis Profile 5, Kabel Speaker : Harmonic Harmony, Kabel RCA : Interlude, Peredam : Checkmate & Crescendo.



0 Comments:

Post a Comment




My Ping in TotalPing.com