|
---|
Friday, July 1, 2011
Posted by
crue
at
1:04 AM
Debut Pertama Transmisi Otomatis
Jika di Indonesia transmisi otomatis baru populer 10 tahun kebelakang, di Amerika Serikat transmisi otomatis sudah diperkenalkan sejak 100 tahun silam. Pada tahun itu, jalanan masih lengang. Ruas jalannya pun lebar-lebar, sehingga dipastikan istilah macet belum dikenal. Jadi bisa dibayangkan betapa serunya mengendarai mobil dengan transmisi otomatis.
Pada prinsipnya transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis, roda gigi planetary berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual.
Beberapa tahun kemudian, Ford tertarik untuk mengembangkan transmisi otomatis. Ford mengembangkan penemuan Sturtevant bersaudara dengan memproduksi Ford Model T. Mobil yang sangat populer saat itu memakai 2-Speed. Ada tiga pedal di Ford Model T. Paling kanan adalah pedal rem, sedangkan pedal kiri untuk mengatur gigi dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi, kemudian yang di tengah berfungsi menggerakan mobil untuk berjalan mundur.
Kekurangan transmisi otomatis kala itu adalah ketika saat mobil pertama kali dinyalakan, mobil langsung berjalan seperti melompat. Kemudian mobil tidak bisa berhenti saat gigi dalam posisi masuk gigi, melainkan harus netral. Barulah pada tahun 1930, Chrysler mengembangkan sistem kopling fluida untuk menjawab masalah ini. Sistem fluida di transmisi membuat mobil bergerak lebih halus, terutama saat setelah berhenti.
Sumber -------------> klik disini
0 Comments:
Subscribe to:
Post Comments (Atom)